Sunday, December 13, 2015

'Late' Post

Maji de, hisashiburi!

    Wah, wah tak terasa seperti sudah berabad abad saya tak menulis apapun. Bukannya tak ada hal istimewa selama 2 bulan terakhir ini, hanya saja waktu berjalan sungguh TERLALU cepat hingga saya tak diperbolehkan untuk bernapas, ah bohong. Tak ada orang yang terlalu sibuk. Sesibuk apapun orang itu, kalau memang penting sih pasti dia akan meluangkan waktunya untuk mengerjakan hal penting itu.

    Yah, intinya, saya tak benar-benar menyisihkan waktu saya untuk menulis. Kebetulan sekarang lagi ada mood untuk sharing, yasudah saya tekadkan untuk menulis. Masalah dari semester ini, yang membuat saya begitu sulit untuk meluangkan waktu, adalah saya mengambil 15 course, yaitu sekitar 18 kelas, dan kalau ditotal kira-kira sama kaya 36 sks. Sungguh, memang saya juga yang nekat, tapi saya hanya ingin cepat menyelesaikan semua matkul tambahan di semester ini, jadi saya tak perlu mengambil kelas tambahan lagi tahun depan JIKA dan HANYA JIKA saya dapat semua kredit di semester ini. Maka dari itu, mau tak mau saya harus benar-benar fokus untuk belajar. Sekali pun saya ada waktu istirahat sabtu-minggu, saya gunakan untuk melampiaskan hobi saya (re: nonton anime yang jadi kewajiban saya setiap sabtu-minggu, atau gambar). Maka dari itu, saya tak benar-benar meluangkan waktu untuk menulis blog.

    Tapi, sudah 2 bulan terlewatkan. Banyak hal yang terjadi, hingga saya tak tahu harus mulai darimana. Coba saya runutkan dengan baik.



    Kalau saya tak salah ingat, tengah Oktober lalu, ada Welcome Ceremony di dorm saya. Soalnya beberapa penghuni baru datang. Lumayan lah makan-makan. Dan saya baru sadar bahwa semester ini lebih banyak penghuninya, dengan 2 laki-laki orang Indonesia tambahan.
Mereka yang ngurusin International Students di Kyodai
Makanannya sengaja dibuat yang halal!
Lalu, semester ini saya mengambil mata kuliah judulnya 'Art, Culture, and Technology'. Dan waktu itu sempat kelasnya sengaja mengadakan kunjungan untuk menyicipi Tea Ceremony di dekat Kyoto. Rumah untuk Tea Ceremony nya sangat tradisional, benar-benar terasa khas Jepang dan Kyoto nya.




  Awal November, ada sejenis opening Day of KOKOKA, singkatan dari Kokusai Koryu Kaikan, atau artinya International House Foundation. Nah, di hari opening day itu, ada banyak stand makanan dari berbagai daerah, pertunjukan seni, dan yang paling penting adalah FLEA MARKET, alias SECONHAND MARKET! Hanya international students dan society saja yang boleh beli barang di situ, seperti yang diduga, memang rame banget sih, sampai ngantri panjang hanya untuk masuk.



    Setelah itu, sekitar tengah November, saya ikut acara Family Program dari KOKOKA ini. Jadi saya di-match dengan keluarga orang Jepang, dan mereka seperti 'orang tua asuh' sementara selama 6 bulan. Kita bisa ngapain aja sama mereka selama 6 bulan itu. Awalnya saya sempat agak 'malas' soalnya terbayang semester ini yang padat, dan mungkin saja acara dengan family program ini bisa 'mengganggu' jadwal belajar atau rest in peace saya. Tapi yah akhirnya saya memutuskan untuk give a try on it. Saya sempat berdoa semoga saya dapat keluarga yang orang tuanya, atau anaknya, atau siapa nya juga suka sama manga, anime dan sejenisnya supaya bisa ngambung sama saya. Dan entah mengapa itu JADI KENYATAAN. Saya juga sempat tak percaya, tapi sungguh, Allah sangat lah baik dan pengertian. 'Ibu' saya sangat suka anime dan baca banyak manga. 'Ayah' saya, lebih luar biasa lagi, BISA BAHASA INDONESIA! BETAPA beruntungnya saya! Saya tak henti-henti nya berterima kasih untuk dipertemukan keluarga 'Kaneko' ini. 'Ayah' orang jepang, tapi pernah tinggal di Indonesia 10 tahun, makanya bahasa Indonesia nya cukup lancar. 
    Waktu itu saya ikut party, yang ngumpulin semua anak asuh Kaneko-san. Itu adalah saat-saat party PALING LUAR BIASA dan BERKENANG bagi saya. Semua anak asuknya pasti international students, tapi bahasa jepang mereka terbilang bagus-bagus. Dan saya mau tak mau berbahasa jepang selama party itu. Saya hanya bicara bahasa inggris 2 kalimat saja! Saya sendiri tak percaya kalau saya benar-benar bicara bahasa Jepang!



    Sebelumnya, saya pernah bilang tidak ya, kalau saya juga punya sensei privat untuk bahasa Jepang. Nah, beliau membelikan saya tiket untuk melihat pamerah Ikebana. Tau kan Ikebana? Itu semacam seni mengikat bunga, atau mendekorasi bunga begitulah. Bunga nya indah-indah, dan saya juga tak terbayang bagaimana cara si pembuatnya untuk mendesain semacam dekorasi.




    Tanggal 20-24 November, Kampus libur! Mengapa? Karena ada November festival! Apa itu? Sebenernya itu cuma acara tiap tahun yang diadain Kyodai sih. Setiap kampus juga biasanya ada festival semacam ini, meski tanggal dan bulannya mungkin berbeda-beda. Kebetulan Kyodai namanya November Festival, atau NovFest. Bahasa Jepangnya, Ju-ichi Gatsu-sai. Apa sih di NovFest ini? Sebenarnya ga spesial banget sih, hanya senang saja karena kampus libur, berarti tak ada kuliah DAN tambahan tugas selama 5 hari! Selain nyicil belajar, ngerjain tugas, dan istirahat, saya juga sempat datang ke kampus untuk ikutan melihat apa itu NovFest.





    Setelah itu juga PPI mengadakan jalan-jalan untuk menikmati merah-merah nya musim gugur di Arashiyama! Tapi sepertinya bukan waktu yang tepat, karena RAMAI sekali. Arashiyama memang terkenal di Kyoto, dan pemandangan nya memang sangat bagus saat musim gugur. Karena itulah banyak turis datang untuk melihat. Kami juga hanya makan-makan, dan jalan-jalan di 'luar' Arashiyama untuk 'mengintip' merahnya Arashiyama dari luar. Apa boleh buat, karena untuk antri masuk saja mungkin sudah menghabiskan waktu 3 jam sendiri.




    Nah!! Berhubung musim gugur sudah datang, beberapa temple mengadakan Light Up saat malam hari, yaitu saat mereka memberikan penerangan ke daun-daun momiji yang memerah! Tentu saja saya juga tak mau ketinggalan untuk melihat hal yang setahun sekali ini. Akhirnya dengan beberapa pasukan saya, saya berangkat ke Kiyomizu-dera, salah satu Temple yang terkenal di Kyoto. Terkenal karena pemandangan yang indah saat dilihat dari atas. Tapi yah, seperti yang diduga untuk sebuah temple terkenal, orang-orang juga RAMAI sekali. Yah, di Kyoto sih, turis spot gini selalu ramai dengan orang di saat-saat spesial seperti ini. Musim semi nanti juga akan ramai, saat sakura-sakura bermekaran.







    Nah, itulah kira-kira rangkuman cepat dari apa saja yang terjadi selama 2 bulan ini. Tak terlalu banyak event sih memang. 
    Oh ya, minggu depan saya akan ke Tokyo! Tahu mengapa? Karena tanggal 19-20 Desember akan ada JUMP FESTA 2016! Dan juga ada Winter Fest Akashi ft. Kuroko, dan Christmas Fest Kuroko no Basuke di J-World! Ditambah, 20 Desember adalah ulang tahun Akashi-sama! Saya dengar akan ada event khusus Akashi di dekat shinjuku tanggal 20 Desember itu. Karena itu saya HARUS ke Tokyo meskipun itu mengorbankan 2 hari kuliah saya. Untuk itulah saya mulai menyicil belajar dan mengerjakan tugas dari jauh-jauh hari, dan mengurangi uang jajan sehari-hari saya. Karena akan ada banyak limited official goods yang dijual di sana!



Nah ini beberapa official limited goods yang akan dijual di beberapa event tersebut!





Untuk info lebih lanjutnya tentang JUMP FESTA 2016, bisa dilihat di sini. Dan untuk Winter Fest Akashi ft. Kuroko di sini. Event Christmas di sini.
Untuk info tentang goods yang dijual di JUMP FESTA 2016, bisa dilihat lebih lanjut di sini

Wah maaf saya jadi mengeluarkan wujud asli saya, yah hanya ingin share saja. Selain itu juga, di hari ulang tahun Akashi-sama, Solo Mini Albumnya akan rilis! Maka dari itu saya memang benar-benar haru ke Tokyo!


Preview mini album nya bisa didengarkan di sini dan di sini! Selamat menikmati!

Salam,
Mitzi Alia

No comments:

Post a Comment