Sunday, June 21, 2015

Welcome Party


Halo.

Karena saya sudah lama sekali tidak posting, akhirnya banyak postingan tertunda. Oke kali ini saya akan bercerita sedikit tentang welcome party yang rabu lalu, 17 Juni 2015, saya hadiri.

Pesta ini ditujukan untuk semua international freshmen dan exchange students. Awalnya saya ragu untuk menghadiri acara ini, karena saya pasti beresiko untuk pulang malam naik sepeda. Tapi karena saya sudah mengisi data kehadiran 2 minggu yang lalu, mau tak mau saya harus ikut acara ini.

Dibilang welcome party, tapi saya sudah 2 bulan disini. Mungkin lebih tepat kalau dibilang after midterm party ya, karena minggu lalu saya baru saja menghadapi ujian tengah semester. Dan di saat itulah saya sangat hectic dan 'stress'. Tentu saja stress ya, karena ini adalah ujian pertama saya. Saya sama sekali tak ada bayangan tentang jenis soal, penilaiannya, dan jumlah soal yang akan keluar. Maka dari itulah saya merasa sangat tertekan. Ditambah pula, saya menghadapi 2 UTS sekaligus di hari yang sama, UTS fisika dan UTS algebra. Sangat menjadi beban. Tapi setelah hal itu berlalu, rasanya saya menjadi lebih ringan.

Oke, akhirnya saya pun menghadiri acara welcome party ini. Saya bertemu beberapa orang Indonesia yang biasa saya temui saat acara kumpul PPI Kyoto. Ternyata banyak juga ya orang Indonesia, bahkan ada beberapa yang belum saya kenali. Welcome party ini dimulai ja, 18.30, setelah pembukaan oleh President of Kyoto University. Sungguh kehormatan bagi saya untuk bisa berjumpa dengan President of Kyodai sedekat ini. Tak semua orang mendapat kesempatan langka seperti ini. Dan saya baru sadari, inilah kelebihan dari international students. Kami sangat disambut dan dihormati oleh mereka.
Ini President of Kyoto University

Setelah sambutan-sambutan, kami pun mengambil gelas dan mengisinya dengan air minum. Kemudian bersama-sama kami bersulang dan berteriak 'Kanpai!'. Cukup ramai dan mewah. Banyak makanan yang dihidangkan, bahkan ada makanan khusus berlabel 'halal'. Wah, sungguh baik sekali pihak Kyodai. Beberapa juga ada makanan khusus vegetarian yang sudah pasti aman untuk kita makan. Makanan Jepang lain juga kebanyakan menggunakan sayur dan ikan mentah seperti tempura, sashimi dan sushi, sehingga kami bisa leluasa untuk memilih makanan. 

Ini hall Welcome Party yang digunakan
Makanan yang dihidangkan
Sembari makan hidangan, kami berkeliling saling berkenalan dengan sesama murid internasional. Kesempatan yang langka untuk saling mengenal. Acara yang bagus untuk kami, sebagai minoritas di sini. 

Selain berbicara dengan orang-orang, pihak Kyodai juga mengadakan pertunjukan kecil, seperti tarian Jepang, nyanyian, dan trik-trik unik (yang saya tak tau apa namanya, mereka hanya memainkan bola dan kotak, seperti sirkus).

Sekitar jam 20.30, pesta pun selesai, dan kami dipersilakan untuk pulang, sebab ruang hall yang dijadikan tempat pesta akan segera dibersihkan dan ditutup. 

Acara yang menarik, sayangnya karena terlalu menikmati acara tersebut, saya tidak terlalu banyak mengambil foto.


Salam,
Mitzi Alia

No comments:

Post a Comment