Friday, August 14, 2015

Katsura Campus Visit

Doumo,

Sudah hampir seminggu, yah sebenarnya saya tak sibuk belajar atau urusan kuliah. Tentu saja, sudah saatnya liburan musim panas! Ya, beberapa hari ini saya lalui dengan jalan-jalan ke berbagai tempat, makanya baru sempat posting lagi. Yap, その話はあとで、今京都大学を話しましょうか。

Katsura Campus, jadi Kyodai itu punya 3 kampus utama, Yoshida, Katsura dan Uji. Sebenarnya 3 nama itu diambil dari lokasinya sih, Yoshida Campus berarti di Yoshida, Katsura Campus berarti di Katsura, dan Uji Campus berarti di Uji. Nah, kampus utama dari engineering itu di Katsura, berarti banyak lab-lab untuk tahun ke 4 yang lokasinya di Katsura. Makanya banyak senpai yang bolak-balik Yoshida-Katsura pas tahun ke 4. 

Nah, minggu lalu, 5 agustus 2015, kami mahasiswa Kyodai dari fakultas engineering difasilitasi campus visit dan berkunjung ke Katsura untuk melihat lab-lab yang keren itu. Lumayan jauh yah dari Yoshida, sekitar 40 menit naik bus. Dan bus nya pun sudah disediakan oleh pihak kampus. Siang hari kami berkumpul, sekitar pukul 1 siang, lalu langsung menuju Katsura. 


Sampai di sana, kami diberi pengarahan tentang sistem lab visit ini, tapi ternyata tidak semua lab kami kunjungi sih, mungkin tak ada waktu yang cukup yah. Kami dibagi ke beberapa kelompok dengan isi kurang lebih 12 orang. Kelas saya dibagi 2 kelompok.
Ini tempat awal kumpul
Kelompok saya pertama kali pergi ke lab Geoinformatics. Lab ini lebih ke kaya pemograman dan untuk merekam kejadian sekeliling gitu mungkin, jadi para sensei hanya memberikan informasi lewat power point dan mendemonstrasikan suatu alat potret gitu tapi keren deh, dan kamera, bisa menghasilkan gambar 3D, padahal hanya dari foto.
Alatnya ada di atas benda seperti tripod kamera
Setelah itu, kami pergi ke lab River System Engineering. Nah di sini barulah seperti lab yang sesungguhnya, ada alat peraga yang besar besar, meragakan sifat air kalau di laut dan pantai gitu, dan bagaimana sifat air sesungguhnya juga erosi dan lain-lain deh. Keren!
Ini di dalam labnya
Saat mendengarkan penjelasan
Berikutnya kami ke lab Construction Engineering and Management. Nah ini lab nya lebih besar lagi, jelas lah konstruksi! Kami melihat banyak alat ukur konstruksi dan berbagai jenis konstruksi yang sedang dikerjakan. Wah inilah yang saya tertarik! Dan saya berharap bisa jadi salah satu anggota lab ini nanti.
Ini dia lab konstruksi!
Kemudian, adalah lab Structural Mechanics, kami hanya ditampilkan tentang jenis penelitian yang dijalani melalui power point. Lab ini lebih ke tantang tanah dan sifat sifatnya, seperti mengapa bisa terjadi liquefaction, erosion, dan lain-lain.

Yang terakhir adalah lab Structural Dynamics, tentang sifat angin. Bagaimana kita membangun sebuah struktur dan juga memperhatikan wind resistance gitu. Kalau kecepatan anginnya sekian, harus bangunan seperti apa, dan bagaimana. Ini juga menarik! Tentang aerodynamic, sulit sih, cuma menarik bagi saya. 
Itu adalah alat uji model yang dibuat, bersama profesornya
Setelah selesai, kami dikumpulkan di ruangan tempat pengarahan tadi untuk mengisi kuesioner, lalu kami pun pulang ke Yoshida.

Menarik untuk semakin menambah semangat saya, tetap belajar supaya saya bisa masuk lab yang saya inginkan. Saya tak tau bagaimana kalau lab di Indonesia, tapi saya yakin, Jepang pasti memiliki teknologi dan fasilitas yang jauh lebih memadai dibandingkan di Indonesia, maka dari itu, saya tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk belajar sebanyak mungkin dari negeri ini.

Salam,
Mitzi Alia

No comments:

Post a Comment