Monday, August 17, 2015

Summer Holiday

Wah sebelumnya, selamat ulang tahun buat Indonesia! Yah, ga ada apa-apa di sini, saya sampai lupa kalau hari ini 17 Agustus. Yare yare. Kalau tak salah sih ada upacara di konjen, tapi saya tak ikut sih soalnya seharian ini hujan juga.

Nah berikutnya, saya akan sedikit berbagi cerita tentang liburan summer ini, dan apa saja yang saya lakukan. Hm, sebenarnya bukan hal yang besar sih, karena saya hanya berkeliling di Kyoto dan Osaka. Saya ke Osaka 2 kali, hari senin kemarin, dan hari rabu-nya. Hari senin saya hanya ke daerah Denden Town, sebenarnya ini cuma daerah pertokoan elektronik biasa sih dari luar, tapi ternyata lokasi ini kaya Akihabara-nya Osaka gitu. Kebetulan saya penasaran, jadi saya pergi ke sana bersama Senpaichan. Kami berangkat dari Kyoto jam 8 pagi, niat sekali ya? Haha, tentulah ini hobi saya sih ya. Ternyata cukup mudah juga ke lokasi, cuma naik JR sekali, terus naik subway. Bisa dibilang Kyoto-Osaka itu kaya Jakarta-Bandung, tapi ongkos yang saya habiskan bolak balik cuma sekitar Rp100k, padahal kalau Jakarta-Bandung sekali jalan saja lebih dari itu ya. Yah kami banyak berkeliling tentunya, saya rasa saya sampai hapal lokasi-lokasi toko yang cukup bagus haha. Animate, K-Books, dan Kotobukiya pun ada. Seperti surga... Yah surga sederhana ya bagi saya.

Sayangnya saking terlalu asyik saya berkeliling, belanja dan menikmati kesenangan saya, saya jadi lupa foto lokasinya. Yah, untuk hal ini saya minta maaf. Kami pulang sekitar jam 6 sore dari Osaka, perjalanan hanya sejam sih, setelah itu kami makan malam di Kyoto.

Esoknya, saya ada janji ketemu sama teman saya yang kuliah di APU, Beppu. Kebetulan dia lagi jalan-jalan ke Kyoto jadinya kami meet up deh. Nah kami meet up di sekitar daerah Shijo, tepatnya di Kawaramachi-Matsubara, sekitar pukul 10 pagi. Nah karena dia pertama kali ke Kyoto, akhirnya kami pun keliling ke banyak kuil yang saya sendiri pun belum pernah ke sana haha. Sayangnya udara saat itu sangat panas, jadi sedikit melelahkan.
Ini Yasaka-jinja Shrine
Ini Hokan-ji Temple
Ini gate ke Hongan-ji Temple
Ini Mieido Temple, di dalam wilayah Hongan-ji
Selfie kami di depan temple
Kami mulai dari Yasaka Shrine, lalu menuju ke Selatan terus dan berakhir di Kiyomizudera Temple. Cukup jauh lah, apalagi kami jalan kaki. Tapi memang ternyata kuil dan wihara di sini bagus banget ya. Hanya saja waktu kami ke sana, lagi banyak yang dikonstruksi, jadi foto-fotonya ga terlalu banyak.

Dan terakhir sebagai penutup, kami ke Nijo Castle, tapi sayangnya sudah tutup. Yah akhirnya kita malah ke Nishi Hongan-ji Temple deh. Sambil nunggu waktu sore, kami iseng ke daerah Kyoto eki, ke Yodobashi dan Bic camera cuma buat ngadem dan liat-liat hehe. Soalnya kita udah beli one day pass bus sih jadi sayang juga kalau ga dipake kan. Abis dari situ, perjalanan pulang kami berpisah. Ternyata juga mereka besoknya bakal berangkat ke Tokyo buat jalan-jalan lagi, enaknya. Mungkin tahun depan lah saya juga mau hehe.

Tapi alhasil saya pegal-pegal sih nyampe dorm, tadinya saya ingin istirahat esoknya, tapi teman saya ngajak ke Osaka lagi buat jalan-jalan. Katanya mau ke Osaka Castle dan Namba. Well karena saya penasaran akhirnya saya ikut juga sih.

Kami kumpul di Demachiyanagi Station jam 9 pagi. Ternyata daerah Osaka Castle lebih dekat dari Denden Town, ga usah naik subway lagi setelah naik JR. Kami turun di Kyobashi terus jalan ke Osaka Castle beracu pada google maps haha. Ternyata besar banget ya Castle itu! Bagus banget ya, mungkin berikutnya saya juga mau liat Nijo Castle, pasti sama bagusnya kaya gini. Dan ditambah lagi, Osaka ternyata KOTA loh. Saya baru sadar bahwa Kyoto memang desa, ga serame di Osaka. Tapi saya suka sih, justru nyaman buat ditinggalin.  Setelah foto-foto di Osaka Castle, tadinya kita mau masuk, cuma melihat antrian yang panjang banget, akhirnya kami mengurungkan niat buat masuk.
Awal keluar dari stasiun
Inilah KOTA OSAKA
Gate menuju Osaka Castle
Itu dia Osaka Castle
Selfie kami sebelum masuk
Ini setelah nyebrangin sungai sebelum masuk ke wilayah castle
Nah Osaka Castle dari dekat
Abis dari sini, kami ke daerah Namba, kami ke Namba Park. Sebenernya itu daerah shopping district gitu, tapi saya suka desain mall di Namba Park ini, ada taman di atas gedungnya gitu, dan kita bisa liat Osaka dari atas, walau ga semua sih. Setelah dari situ, kami ke Kyocera Dome, sebenarnya itu kaya stadium besar sih, kebetulan lagi ada tanding baseball saat kami ke sana, tapi bukan itu yang kami incar. Kami ke Skyhall di Kyocera Dome itu, ternyata lagi ada kaya arena bermain disitu. Waktu itu ada 3 jenis sih, tapi kami cuma ke salah satunya, namanya Team Lab Park.
Ini Kyocera Dome
Pas lagi naik ke atasnya
Tak lupa selfie di eskalator
Nah ini tiket masuk Team Lab
Salah satu hiburannya
Kalau kotak diatas itu saling dideketin, bisa jadi sesuatu
misal yang merah dengan merah bakal jadi jalur kereta
jadi kita kaya belajar planing gitu. Semuanya projeksi doang
Ini juga salah satu game nya, dan projeksi. Agak susah
dijelasin sih, tapi kalau kita pegang, bakal berefek ke gambarnya
Biasanya anak2 main di atas tanah, sekarang
udah pake projeksi loh
Ini bola-bola, sayangnya kita gabisa masuk, yah udah bukan
anak-anak lagi sih ya
Kita juga bisa mewarnain, sketsa gambarnya disediain.
Setelah diwarnain, hasilnya bakal di-scan.
Gambar kita pun jadi hidup dan bergerak di layar!!

Ada juga yang bangunan dan kendaraan
Ini dekat stasiun Namba
Kita menuju Namba Park
Pemandangan dari atas Namba Park
Dari sisi lainnya
Jujur aja Team Lab ini cuma tempat buat anak kecil sih lol, masuknya ¥1,500 tapi worth it sih soalnya keren juga, pake teknologi gitu. Duh kami jadi kaya orang dusun pas masuk situ haha. Sayangnya cuma sedikit arenanya, jadi cuma sebentar juga disitu deh.

Kemudian, kami pergi ke daerah Namba Station. Dan ini stasiun besar banget ternyata, padahal bukan stasiun utama. Ada stasiun subway, ada stasiun JR juga. Yeah, Osaka beneran kota besar ya ternyata. Kami jalan-jalan disitu, liat Glicoman yang terkenal itu. Gatau sih terkenal apa engga, tapi temen-temenku yang ikut waktu itu bilang terkenal, gatau terkenal di kalangan K-popers aja (soalnya mereka K-popers) atau emang beneran terkenal haha. Duh bukan hobi saya sih tempat ginian jadi saya kurang interest, sekedar tau aja.
Kota bukan?
Nah ini daerah yang kayanya rame orang deh, shopping district
Tak lupa selfie sama Glico man
Abis melihat-lihat daerah situ, itu juga udah hampir maghrib sih jadi kami langsung nyari tempat makan sekitar situ. Berhubung Osaka terkenal dengan Okonomiyaki, Takoyaki dan Negiyaki, akhirnya kami nyari resto yang mencakup 3 hal itu, dan ketemu. Kami langsung masuk, agak was was juga sih milih menunya, jangan sampai salah malah kita mesen Okonomiyaki yang ada babi-nya. Emang agak beresiko sih, tapi bismillah lah ya. Ternyata emang enak banget sih Okonomiyaki asli mah. Takoyaki nya juga lebih besar daripada yang biasa kita liat di Indonesia gitu. Enak banget serius deh.
Ini okonomiyaki dan negiyaki
Ini takoyaki nya
Dan inilah restorannya!
Saya jadi ingat kalau di kalangan kami sering jadi joke kaya gini, misalnya kami makan makanan yang dirasa enak banget, kami pasti bakal bilang "ini enak banget kenapa ya? Pasti pake babi" Hahaha, yah itu udah jadi lelucon biasa sih di sini, meskipun kita tau ga mungkin ada babi di makanan itu. Dan saat itu pun lelucon ini terlontar di restoran itu haha.

Satu hal lagi yang bikin kami betah di resto itu adalah, entah mengapa kami semua setuju bahwa salah satu pelayan yang melayani kami itu IKEMEN, alias GANTENG atau TAMPAN. Yah kawaii juga sih, senyumnya agak imut gitu, tinggi juga, badannya pas deh, wah wah ampun deh dasar kalau jalan-jalan sama cewe emang gini haha.

Dan kami pun langsung men-tag resto itu jadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi lagi kalau ke daerah ini hahaha.

Setelah dari situ, karena sudah malam, kami pun akhirnya pulang ke Kyoto. Hm, jalan-jalan yang seru banget sih ya, apalagi sama temen-temen gitu hahaha. Untunglah saya ikut hari itu.
Cantik bukan? Depan restonya ada sungai
Selfie sama restoran kepiting yang terkenal di Osaka
Summer holiday, selebihnya baru saya habiskan di kamar untuk nonton anime, gambarm, tidur dan makan. Bosen? TENTU SAJA, tapi saya tak bisa berbuat apa-apa lagi. 3 hari dihabiskan full jalan-jalan itu saja, saya sudah menghabiskan lebih dari ¥30,000 aaaaaahhh tidak. Sepertinya saya harus nyari part-time job ya untuk mengisi summer break ini, daripada cuma menghabiskannya begitu saja dalam 3 hari.

Yah, liburan pertama saya, sebagai pengalaman untuk berikutnya kalau saya tak boleh kalap menghabiskan uang selama liburan.